Kelebihan Pesawat Sukhoi Superjet 100

Produsen pesawat asal Rusia yang terkenal dengan pesawat tempurnya ini mengembangkan bisnisnya dengan memproduksi pesawat Sukhoi Superjet 100. Sebagai pesawat komersial berpenumpang generasi terbaru, Sukhoi SUperjet 100 dibekali dengan teknologi terbaru sebagai daya tarik utama. Berikut ini kelebihan pesawat Sukhoi Superjet 100 sebagai senjata menghadapi produsen pesawat raksasa dunia.
pesawat-penumpang-sukhoi-superjet-100

Keunggulan Pesawat Sukhoi Superjet 100

1. Konfigurasi ruang
Sebagai pemain baru di industry penerbangan penumpang komersial dunia, Sukhoi Superjet 100 menawarkan konfigurasi tempat duduk baru yaitu 3-2 tempat duduk. Berbeda dengan konfigurasi Boeing 737-800 yang 3-3 tempat duduk, konfigurasi 3-2 ini bertujuan untuk merampingkan body pesawat. Selain itu, pesawat ini juga menyasar pangsa pasar pesawat komersial berpenumpang 100 orang atau kurang sebagai jumlah yang paling ekonomis.

2. Lebih irit bahan bakar
Dengan body pesawat yang lebih ramping bobot dan aerodinamika pesawat menjadi lebih efisien. Hal ini menyebabkan kemampuan lepas landas pesawat Sukhoi SUperjet 100 ini lebih pendek. Penggunaan sayap generasi ketiga dari superiarfoil dan juga keseimbangan saat dipakai dalam mode autopilot juga merupakan usaha Sukhoi untuk meningkatkan efisiensi pesawat ini. Bisa dipastikan juga bahwa konsumsi bahan bakar pesawat ini irit.

3. Harga yang lebih murah
Pesawat Sukhoi Superjet 100 ini ditawarkan dengan harga sekitar $32 juta. Dibanding dengan Boeing 737-800 yang berharga $60 juta, Embraer yang berharga $40 juta, Bombardier CRJ yang berharga $50 juta, atau Casa Series yang bertengger di $75 juta, tentu harga pesawat penumpang Sukhoi ini jauh lebih murah.

4. Teknologi lebih modern
Meskipun secara harga pesawat komersial dari Sukhoi ini lebih murah, teknologi yang ada di dalamnya ternyata tidak murahan. Teknologi pesawat Sukhoi ini ternyata sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru seperti system kendali elektronik terbaru mengandalkan sistem flight by wire elektronik. Bisa dibilang, pesawat Sukhoi ini cocok dengan topografi Indonesia.

Pesawat ini mampu lepas landas dan mendarat di bandara yang tidak terlalu panjang. Hanya perlu sekitar 1800 meter, pesawat ini sudah bisa lepas landas. Hal ini sesuai dengan kebanyakan bandara daerah di Indonesia yang memang berukuran tidak terlalu besar. Jalur transportasi antar daerah pun bisa menjadi lebih cepat dan lebih efisien dengan penggunaan pesawat ini.

Dengan harga yang lebih murah dan konsumsi bahan bakar yang lebih irit tentu juga berpengaruh ke harga tiket pesawat yang tentunya lebih rendah. Tentu diharapkan pangsa pasar pesawat komersial menengah bisa semakin berkembang dengan hadirnya pilihan lain pada pesawat ini.

Dengan begitu banyaknya kelebihan yang ditawarkan pesawat ini, tidak heran jika maskapai pesawat di negara berkembang mulai melirik pesawat ini sebagai pilihan. Begitu juga di Indonesia, pesawat Sukhoi Superjet 100 ini juga telah dipilih maskapai baru Sky Aviation sebagai armada baru untuk melayani penumpang pesawat kelas menengah Indonesia yang pangsa pasarnya terus tumbuh.