Pesawat Jet Tempur TNI AU Buatan Indonesia

Pesawat jet tempur TNI AU buatan Indonesia – Sebagai sebuah Negara yang berdaulat, keamanan sebuah Negara adalah hal yang sangat penting. Hal ini karena keamanan sebuah Negara merupakan hal nomor satu yang harus dipertahankan oleh sebuah Negara berdaulat. Pelanggaraan perbatasan oleh Negara lain merupakan sebuah penghinaan terhadap Negara yang dilanggar.

Oleh karena itu sebuah Negara wajib dan harus mempunyai sebuah sistem pertahanan yang mumpuni agar tidak mudah dilanggar atau bahkan diduduki oleh Negara lain. Namun perlu diingat bahwa sistem keamanan dan militer yang andal dimaksudkan semata-mata untuk pertahanan sebuah Negara dan tidak diperkenankan untuk menyerang negara lain.
banyak-sekali-pesawat-tni-au-ang-teknologinya-sudah-tertinggal-dari-negara-lain

Pesawat Jet Tempur TNI AU Buatan Indonesia

Indonesia sebagai negara kepulauan terluas di dunia mempunyai pekerjaan rumah yang cukup berat dalam hal keamanan ini karena medan Indonesia yang perbatasannya bukan hanya berupa daratan melainkan lautan yang luas. Alat pertahanan seperti pesawat jet tempur TNI AU buatan Indonesia merupakan jawaban yang tepat untuk permasalahan ini.

Hal ini bukan merupakan sesuatu yang mustahil karena Indonesia telah menandatangani kerja sama dengan Korea Selatan untuk melakukan pembuatan pesawat tempur bersama. Hal ini tentu saja merupakan kabar yang sangat menggembirakan karena selama ini monopoli atau kemampuan membuat pesawat jet tempur hanya dimiliki oleh negara-negara atau konsorsium dari negara-negara tertetu saja.

Sekarang Indonesia masuk ke dalam kelompok elit tersebut. Namun kita harus bersabar arena pembuatan ini baru akan terwujud pada tahun 2019. Kita tahu bahwa selama ini pesawat jet tempur TNI AU buatan Indonesia Korea ini akan meningkatkan kemampuan TNI angkatan Udara kita karena akan lebih mudah dan murah dalam mendapatkan pesawat jet tempur.

Selama ini kita memenuhi kebutuhan peswat jet tempur dengan cara membeli dari beberapa negara seperti Amerika Serikat dan tentu saja Rusia. Salah satu kelemahan dari pembelian pesawat jet tempur dari negara asing tentu saja adalah harganya yang relative mahal dana akan cukup sulit bagi Indonesia untuk memenuhi kebutuhan standar jumlah pesawat tempurnya dengan cara membeli.

Jika kerja sama Indonesia Korea ini berhasil maka Indonesia akan mampu memaksimalkan kemampuan TNI angkatan Udaranya dimana hal ini tentu akan membut penjagaan keamanan, terutama di daerah perbatasan yang terpencil akan menjadi lebih mudah.

Indonesia dulu dikenal sebagai negara dengan kekutan militer terkuat di belahan bumi selaan, namun seiring dengan berjalannya waktu, banyak alat-alat militer yang rusak dan tidak diupgrade, selain itu Indonesia pernah mengalami embargo militer yang mengakibatkan susahnya mendapatkan suku cadang untuk perbaikan alat-alat militer tersebut.

Hal ini tentu saja tidak menguntungkan dan diharapkan dengan suksesnya rencana pembangunan persawat jet tempur bersama korea ini akan membuat Indonesia kembali menjadi negara dengan kekuatan mliter yang diperhitungkan dunia. Sekian dari artikel pesawat jet tempur TNI AU buatan Indonesia yang semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.